Review Mendetail Mobil Ascari KZ1 yang Mulai dilupakan

Review Mendetail Mobil Ascari KZ1 yang Mulai dilupakan

Dinamakan setelah pendirinya, pengusaha Belanda Klaaz Zwart, Ascari KZ1 adalah mobil sport coupé dua pintu yang diproduksi oleh produsen mobil Inggris Ascari dari tahun 2005 hingga 2010 ketika tidak ada lagi. Model debutnya di Birmingham pada awal 2005 sebagai bagian dari Autosport International dan datang dengan harga eceran yang disarankan pabrikan (MSRP) sebesar £235.000 (312.817 USD).

Dengan hanya 50 unit di seluruh dunia, setiap unit KZ1 dibuat dengan hati-hati oleh sekelompok 30 pengrajin selama 340 jam. Saat debutnya, Ascari memberikan kesempatan kepada pemilik kendaraan untuk berkendara di Race Resort Ascari di Spanyol .

KZ1 adalah mobil jalan raya yang berfungsi sebagai versi produksi mobil balap A410 milik Ascari. Ini juga memiliki versi balap, Ascari KZ1-R . Selain perbedaan kecil pada eksteriornya, KZ1-R mirip dengan KZ1.

Dengan itu, mari kita lihat kembali Ascari KZ1 secara mendetail.

Ascari KZ1 Menampilkan Mesin BMW S62 V8

Review Mendetail Mobil Ascari KZ1 yang Mulai dilupakan

Mesin BMW S62 V8 dengan pelumasan dry-sump menggerakkan Ascari KZ1. Ini adalah mesin yang sama yang digunakan oleh beberapa model BMW, seperti BMW E39 M5 dan BMW Z8. Mesin ini memiliki empat katup untuk setiap silinder, dengan variable valve timing (VVT), dan memiliki perpindahan 4.941 cc.

Mesin BMW S62 V8 menghasilkan tenaga sebesar 387,8 kW pada 7.000 putaran per menit (rpm). Selain itu, juga menghasilkan torsi 550 Nm pada 4.500 rpm. Hal ini memungkinkan KZ1 untuk mencapai kecepatan tertinggi 323 km/jam. Pada saat yang sama, kendaraan ini juga memiliki akselerasi yang mengesankan, dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam 3,7 detik.

Ascari KZ1 menggunakan transmisi manual 6 percepatan yang digunakan pada seri Nissan Cima. Kendaraan ini juga dilengkapi sistem pengereman dengan kaliper 6 piston di depan dan kaliper 4 piston di belakang. Pabrikan sistem pengereman Italia Brembo memproduksi sistem pengereman ini, kaliper AP Racing, dan cakram.

KZ1 Memiliki Desain Yang Memberikan Dukungan Dan Kenyamanan

Review Mendetail Mobil Ascari KZ1 yang Mulai dilupakan

Ascari KZ1 memiliki desain interior mewah untuk mobil sport, menampilkan kontrol dengan sentuhan akhir aluminium yang dipoles. Dasbor dengan trim kulit, mirip dengan kursi kendaraan, memiliki kontrol yang ditambahkan ke dalamnya. Kursi sport ini dapat disetel sepenuhnya untuk memberi pengemudi dukungan lateral.

KZ1 juga dilengkapi dengan sistem pendingin udara yang dikontrol iklim yang melengkapi pengukur fasia dan lampu belakang kontrol yang halus. Untuk mobil pada masa itu, ia memiliki sistem infotainment yang unik dengan pemutar CD. Selain itu, KZ1 dilengkapi dengan kaca spion pintu dan jendela elektrik serta sistem alarm kategori satu Thatcham dengan penguncian sentral jarak jauh. Pemilik juga diizinkan untuk lebih menyesuaikan interior mobil mereka, bahkan ada yang meminta agar dasbor Ascari seluruhnya terbuat dari kayu.

Pada eksterior, Ascari mengizinkan pemilik Ascari KZ1 untuk memilih skema warna yang mereka inginkan. Dengan skema warna eksterior, mereka juga dapat memilih skema warna interior yang diinginkan. Sasis monocoque serat karbon yang sangat ringan namun tahan lama membentuk eksterior, yang membantu mengurangi bobotnya menjadi hanya 1.250 kg.

Ascari KZ1 memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.852 mm, dan tinggi 1.138 mm. Ini juga memiliki berat trotoar 1275 kg, yang sedikit di sisi yang lebih berat.

Ascari KZ1 Vs KZ1-R

Seperti disebutkan sebelumnya, Ascari KZ1-R adalah versi balap dari Ascari KZ1. Banyak aspek KZ1-R menyerupai KZ1, termasuk mesinnya. Namun, ada perbedaan besar dalam desain eksterior KZ1-R yang langsung terlihat saat membandingkan kedua kendaraan.

Pertama-tama, KZ1-R memiliki fitur splitter yang lebih menonjol pada spoiler bibir depan untuk memungkinkan down-force yang lebih besar. Selain itu, ia juga memiliki sayap balap yang lebar, bukan spoiler kecil yang dapat disesuaikan seperti pada KZ1. KZ1-R memiliki lampu depan yang sedikit berbeda yang menampilkan lampu sein dan bola lampu high-intensity discharge (HID).

KZ1-R juga memiliki wheelbase yang lebih besar daripada KZ1, yang menghasilkan spatbor belakang yang sedikit lebih besar. Kedua mobil memiliki dimensi yang tepat, tetapi KZ1-R memiliki bobot yang sedikit lebih rendah dari 1.250 kg karena memiliki roda yang terbuat dari paduan aluminium palsu.

Dalam hal interiornya, KZ1-R memiliki interior yang lebih sederhana untuk menurunkan bobotnya. Ini termasuk penghapusan power window, dan peralihan dari jok balap kulit halus ke jok Alcantara , kain, dan serat karbon. Pada saat yang sama, KZ1-R juga dilengkapi roll cage integral yang dapat membantu bodinya tetap kaku saat balapan. Tidak seperti kebanyakan mobil balap lainnya, ia memiliki fungsi power steering juga.

Share To:
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Alber Andesko

Post A Comment:

0 comments so far,add yours